Sunday, June 3, 2018

Punya Masalah? Hadapi dengan 3 Cara Ini :)



Image result for gambar masalah
pict: google

Assalamualaikum shaliha…

Ramadhan tiba, Alhamdulillah bisa bersua di bulan yang penuh berkah ini ya. Semoga Allah limpahkan segala rahmat, karunia dan kasih sayangNya. Aamiin..
Shalihah,, siapa sih diantara kita yang tidak pernah diuji? Baik itu dengan datangnya masalah yang tak pernah selesai, diuji kesehatannya, diuji kekurangan materi, diuji ketidaknyamanan di lingkungan pekerjaan, diuji keluarganya, diuji kesetiannya, dan masih banyak lagi. Semua itu untuk kebaikan kita, percayalah. Jika sewaktu sekolah dulu, harus ada ujian dulu sebelum naik kelas begitu pula halnya dengan ujian hidup. Artinya Allah akan menaikkan kita beberapa derajat setelah ujian tersebut berhasil kita lewati. Cara melewatinya pun tak semudah yang kita bayangkan ya ukh.. ingat, sabar adalah kunci dalam menghadapi segala macam ujian di dunia ini. sabar itu latihannya lama dan harus setiap hari. Gagal bangkit lagi. Gagal bangkit lagi. Gagal bangkit lagi. Begitu seterusnya jangan pernah menyerah pada keadaan. InshaAllah, Allah akan tunjukkan jalan yang mudah. Di malam 17 ramadhan ini, saya akan mengulas sedikit tips menghadapi masalah hidup. Ada 3 poin utama yang harus ukhti ingat.

  1. Berpikir positif. Ujian merupakan hadiah terindah dari Allah. Artinya Allah sayang banget sama kita. Allah ingin kita tidak lupa denganNya. Lupa karena manisnya dunia yang tak berujung kenikmatannya. Allah peduli banget sama kita. Allah beri kita perhatian lebih. Coba deh misal Allah gak perhatian sama kita, mana mungkin Allah turunkan ujian atau sesuatu untuk “mengetes” kita. Itu semua Allah lakukan untuk melihat seberapa besar kadar cinta kita kepadaNya. Jangan-jangan kita hanya dekat denganNya saat kita sedang diuji saja. Atau malah sebaliknya kita berpikir bahwa Allah tidak adil dengan kita atau malah berburuk sangka padaNya. Naudzubillah..jangan ya ukh..percayalah segala sesuatu yang Allah turunkan kepada kita itu untuk kebaikan kita semua. Allah uji kita dengan ketidaknyamanan di dunia kerja misal. Coba perhatikan diluar sana ada berapa orang yang tidak memiliki pekerjaan. Allah mau kita sabar. Allah pengen liat kita berdoa yang tak pernah usai memohon dan meminta kepadaNya. Allah pengen liat kesungguhan kita, sabarkah kita diuji dengan hal seperti ini. percayalah Allah sudah atur semuanya. Rejeki, jodoh, maut bahkan daun yang gugur pun Allah tau datangnya. Subhanallah. Maha Suci Allah Tuhan seluruh alam ini. Jadi, jangan khawatir. Jangan merasa hanya diri kita lah yang diuji dengan ini, siapa tau orang lain diluar sana diuji dengan yang lebih besar lagi namun ia terlihat baik-baik saja sebab ia sangat menikmati jamuan Allah tersebut. Wallahu alam bishawab J bisa jadi, Allah merubah bentuk rejeki kita tidak dalam bentuk uang tetapi dalam bentuk ketrentaman hati, keharmonisan keluarga, kesehatan jasmani dan rohani dan semacamnya. Jadi lets be a positive person.
  2. Hadapi dengan senyuman. Terdengar “sok kuat” memang hehe. Tapi ini kenyataan. Saya sudah buktikan untuk yang kesekian kalinya. Senyum bisa merubah segala suasana yang buruk menjadi sesuatu yang menyenangkan. Senyum bisa membuat seseorang senang melihat kita. Senyum juga representasi dari kecerahan suasana hati kita meskipun tidak selalu benar-benar mencerminkan keadaan hati. Tapi setidaknya, dengan senyum kita bisa sedikit mencairkan suasana. Senyum ternyata bisa membuat bentuk wajah kita menjadi simetris (menurut penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli). Percayalah dengan memperbanyak senyum, kita bisa membuat orang di sekitar kita menjadi lebih baik J lets smile for others and for ourself yaaa.. menghadapi segala sesuatu, termasuk masalah harus dengan senyuman. Supaya semuanya berjalan baik – baik saja. Supaya kita bisa ambil hikmah dari masalah tersebut dan yang terpenting kita bisa berpikir dengan jernih dan mengambil solusi dari adanya permasalahan yang dihadapi.
  3. Kembalikan semuanya pada Allah. Sejatinya, segala sesuatu yang ada di Dunia ini yang menggerakkan adalah Allah. Contoh nih, kalian gaperlu susah – susah kalo misal naksir sm akhi – akhi di masjid hehehe. Minta saja sama Allah. Minta sama yang punya hati. Nangis di sepertiga malam. Minta sama Allah.  Eh yakan malah bahas akhi-akhi. Sama hal nya deh kalo kita sedang dalam masalah dan tak bisa diselesaikan sendiri, langsung saja hubungi Allah. Curhat deh semuanya. Apalagi curhatnya di sepertiga malam. Beeuuhhh mujarab. Dijamin Kabul hajatnya. Aamiin..eitss jangan cuma pas punya masalah aja ya yang ngadu ke Allah. Pas sedang dalam posisi enak juga harus tetap keep contact ya sama Allah, jangan sampai lost contact. Bisa bahaya nanti.

Sekian dulu ya ukh..sedikit sharing dari saya. Semoga tiga poin dari saya diatas bisa menjadi sarana muhasabah kita semua khususnya bagi diri saya sendiri. Aamiin..
Sampai jumpa di sharing session saya selanjutnya hehehe #sok ngartis J
Byeeeee…..

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..



No comments:

Post a Comment