Wednesday, February 15, 2017

Perempuan dan Kiprah dalam Keluarga




Image result for gambar kartun perempuan muslim dan keluarga
image source: jeqweb.com
Assalamualaikum ukhti shalihah..

Alhamdulillah, bulan Februari ini saya masih bisa sedikit menyempatkan untuk sekedar berbagi melalui tulisan yang saya post di blog ini. Semoga ulasan berikut ini mampu menjadi inspirasi bagi kita semua.

Dari awal, saya pribadi sangat menyukai topik apapun yang membahas tentang perempuan,dari segi manapun. yuk kita simak ulasan berikut ini. Perempuan, yang konon katanya disebut sebagai makhluk Tuhan paling indah ini mempunyai berbagai macam peran. Tak ayal di dalam al-qur’an pun disebutkan bahwa makhluk Tuhan yang paling indah ini dikatakan sebagai perhiasan dunia. Akan tetapi perhiasan dunia seperti apa yang dimaksud di dalam alqur’an? Tentunya perempuan – perempuan yang shalihah, yang mampu menjaga auratnya, yang mampu menjaga tutur katanya dan yang paling penting adalah yang mampu menjaga moralnya. Kembali ke topik awal, jika perempuan memiliki berbagai macam peranan di berbagai bidang ketika ia berkarier atau dalam skala mini seperti di dalam keluarga kecil, mereka tetap memiliki peranan yang besar. Tak perlu diragukan lagi bahwa kiprah perempuan baik di dunia karier maupun tidak, kedudukannya adalah seimbang, artinya sama – sama memiliki posisi penting di kehidupan. Saya jadi teringat sosok – sosok perempuan hebat yang diabadikan di dalam al-qur’an. Mereka tidak hanya menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan muslim saat ini namun juga sebagai teladan bagaimanakah kita seharusnya bersikap. Tak perlu diragukan lagi sosok seperti Sayyidah Khadijah RA, istri Rasululllah SAW, Fatimah Az-Zahra, putri Rasulullah, serta beberapa istri-istri sahabat Rasul yang maju dalam berbagai peperangan demi membela agama Allah. Benar-benar perempuan yang luar biasa.

Meninggalkan beberapa kisah tentang perempuan – perempuan hebat yang namanya terukir di dalam Al-qur’an lengkap dengan kisah-kisah hebat mereka. Apabila ditengok dari peradaban dunia, kita memiliki beberapa perempuan hebat lain seperti the first Lady yang baru saja kemarin meninggalkan kedudukannya ini, siapa lagi jika bukan Michelle Obama, istri dari Presiden Obama, Oprah Winfrey, Lady Diana, Hillary Clinton, Sri Mulyani, Ani Yudhoyono dan masih banyak lagi perempuan-perempuan hebat yang sukses berkarier maupun sukses berkeluarga. Sudah menjadi rahasia umum jika seorang perempuan bisa memiliki peranan lebih dari satu, apalagi jika ia memilih sebagai wanita karier, selain tanggung jawab mengurus keluarga, tanggung jawab pekerjaan juga dibebankan di pundaknya. Oleh sebab itu, menjalani keduanya secara seimbang memerlukan upaya ekstra keras agar keduanya bisa berjalan beriringan tanpa harus mengorbankan salah satu.

Sebenarnya di dalam Islam sendiri, telah dipaparkan, tidak ada masalah bagi perempuan yang ingin berkarier asalkan masih dalam koridor yang diperbolehkan. Asalkan tidak melupakan kewajiban sebagai seorang ibu, istri dan juga pekerja. Akan lebih baik jika menjadi perempuan yang seutuhnya yakni mengurus rumah tangga seperti suami, anak dan segala urusan rumah. eittss...belum tentu juga yang berkarier dikatakan sebagai perempuan yang tidak utuh lho yaa. bukan, bukan seperti itu. Karena sesungguhnya urusan rumah tidak akan pernah ada habisnya. Mendidik anak menjadi anak-anak yang tumbuh dengan cerdas dan tanggap kemudian mengurus suami agar suami semakin sayang serta menjaga harta benda yang ada di rumah jauh lebih baik. Sebagai istri akan selalu mensupport apapun kegiatan suami. Sebagai seorang ibu, akan selalu memberikan pendidikan terbaik terhadap buah hati mereka, menyiapkan makanan-makanan terbaik dengan gizi yang seimbang  bagi keluarga mereka serta menjaga keharmonisan serta kenyamanan di dalam rumah mereka akan menimbulkan suasana menyenangkan sehingga energi-energi positif akan terus mengalir di kediaman mereka menjadikan suami perempuan-perempuan ini penuh dengan kasih sayang dan anak-anak mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas, terampil serta berbakti kepada kedua orang tua mereka. Amiin. Semoga kita dijadikan perempuan – perempuan mulia yang apabila berkarier, akan berusaha menyeimbangkan antara keduanya dan apabila menjadi perempuan seutuhnya yang mana ia memilih keluarga diatas segalanya maka semoga dimudahkan dalam mendidik putra putri mereka serta menjadikan suami sebagai pasangan hidup yang benar-benar hidup untuk membangkitkan segala energi postif dari dalam diri kita dan keluarga. 
aamiin...

Assalamualaikum wr.wb


4 comments:

  1. Aamiiin aamiiin. Waahh kayaknya uda ada yang siap jadi ibu dan istri nih😍😊😍😊😍

    ReplyDelete
  2. makasih kakak sun moon :)
    masyallah kalo komen kak Sun moon yang kedua sy gatau mesti jawab apa. speechless

    ReplyDelete
  3. Aamiin ya Allah 😇😇😇
    Semoga menjadi perempuan hebat untuk suami dan anak kita kelak 🙏🙏🙏

    ReplyDelete