Sunday, June 19, 2016

Syukuri Apa yang Patut Disyukuri

image source : tabungwakaf.com


Assalamualaikum Ukhti, senang sekali rasanya bisa menulis lagi setelah beberapa hari yang lalu sempat vacum dulu sebab kesibukan kuliah yang menyita begitu banyak waktu, tenaga dan pikiran. Marhaban Ya Ramadan, senang sekali kita bisa bersua di bulan mulia yang penuh rahmat seperti bulan ini. Semoga kita selalu mendapat rahmat dan naungan dari Allah yang Maha kuasa. Nah, tema pembahasan kita kali ini adalah bersyukur. Syukuri apa yang patut disyukuri. Semoga opini saya berikut ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Amiiin...
            Bersyukur, ya bersyukur adalah sebuah keharusan bagi kita semua. Mengucapkan Alhamdulillah adalah salah satu cara kita sebagai umat muslim untuk mensyukuri apapun pemberian Allah. Contoh kecil saja yang ada di dalam kehidupan kita sehari-hari adalah kita bisa menghirup oksigen sepuas-puasnya secara gratis, mendapati tubuh kita sehat jasmani dan rohani lengkap beserta onderdil-onderdilnya seperti jantung, paru-paru, hati, ginjal dan sebagai macamnya. Terkadang sebagai manusia kita terlalu fokus pada apa yang menjadi kekurangan kita ya ukh.. daripada mencari kelebihan yang kita miliki. saya sama sekali tidak bermaksud menggurui ya, hanya berbagi info saja dan berusaha memotivasi diri saya sendiri. Ingatlah ukhti di dunia ini tidak ada satupun yang sempurna. Seseorang yang menurut penglihatan kita ia sangat sempurna karena memiliki harta yang melimpah, kesehatan, keluarga yang bahagia, tidak punya utang, bisa makan makanan enak setiap hari dan berbagai kehidupan yang indah lainnya belum tentu hidupnya sempurna. jangan pernah sekalipun terlena dengan kehidupan yang fana ini ukhti. ingatlah segala sesuatu yang ada di dunia ini hanyalah titipan semata. eiitss membahas tentang bersyukur seperti ini bukan berarti saya termasuk orang yang bersih dari segala dosa alias sempurna tanpa dosa. Saya juga manusia biasa, maka dari itu saya menulis di blog ini sebagai pengingat saya pula bahwa kita terlebih saya, harus pandai bersyukur. gak ada ruginya lho ukhti jika kita terus bersyukur. Justru Allah akan memberikan lebih dari apa yang kita minta. 

saya sendiri masih belajar bagaimana menjadi hamba yang bersyukur itu. Hal itu terbukti tidak mudah, sebab terkadang sebagai manusia kita memiliki keinginan yang selalu ingin dikabulkan oleh Allah. apabila keinginan kita tidak terpenuhi maka serasa seketika itu juga bumi dan seisinya hancur berkeping-keping berhamburan tak tentu arah dan bisa menyebabkan kita langsung berpikir yang bukan-bukan. Memandang negatif diri kita, memfokuskan kita pada kekurangan-kekurangan kita serta memandang kehidupan orang lain jauh lebih beruntung dibanding kita. inilah beberapa faktor yang berhasil membuat kita menjadi kufur nikmat (naudzubillah). Saya pun terkadang demikian ukhti, maka dari itu, seharusnya kita wajib menerima segala ketentuan baik buruk yang diberikan kepada kita. Percayalah bahwa yang sedang diberikan kepada kita adalah yang terbaik. Allah selalu memberi apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Ingat itu ya ukhti.  memang semua itu terasa berat, tapi coba kembalikan semuanya kepada Dzat yang Maha Mengatur. mari perbanyak syukur agar tidak menjadi pribadi yang imannya tersungkur sebab kufur yang kita miliki. 

Nah, oleh sebab itu, perlu memikirkan kelebihan-kelebihan yang kita miliki. Karena hal itu akan menjadi keunikan kita sebagai pribadi yang utuh yang tidak akan berkarakter sama dengan orang lain sekalipun anak kembar. Gali terus potensi diri, kenali diri kita lebih dalam dan banyak-banyak menyadari bahwa setiap makhluk yang ada di dunia ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mari benahi diri, dekatkan diri dengan sang Ilahi dan perbanyak syukur di bulan yang penuh rahmat dan barokah seperti sekarang ini.

semoga bermanfaat yaaa ^ - ^

Assalamualaikum



2 comments:

  1. Bahagia itu sederhana:) salah satunya adalah bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini-pertahankan-dan perjuangkan apa yang menjadi impian kita, semangat!^_*

    ReplyDelete
  2. Benar sekali. Semoga Allah senantiasa mengingatkan kita utk selalu bersyukur. 😊

    ReplyDelete